Soal Nilai Tukar Rupiah, Ini Kata Jokowi -->

Soal Nilai Tukar Rupiah, Ini Kata Jokowi

Selasa, 01 Mei 2018, 07.39.00
JAKARTA – Presiden Jokowi menepis penilaian segelintir otang, bahwa nilai rupiah merosot terhadap dolar AS (Amerika Serikat) karena fundamental ekonomi kita tidak bagus.
Jokowi menjelaskan bahwa fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih dalam kondisi yang baik.
“Fundamental ekonomi kita baik. Ada pertumbuhan, inflasi juga bisa kita kendalikan kurang lebih 3,5 persen, ekspor kita juga masih baik. Artinya fundamental makro kita baik,” kata Jokowi.
Itu disampaikan Jokowi usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2018 di Jakarta Senin (30/4/2018).
“Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang AS juga dialami oleh mata uang lainnya dari banyak negara,” kata Jokowi.
Jokowi menilai hal itu terjadi karena adanya sentimen global seperti kebijakan bank sentral AS yang berpotensi meningkatkan suku bunga acuan.
“Urusan kurs ini hampir semua negara. Ini fenomena pasar global yang semua negara juga mengalami. Semua negara juga sedang bergejolak kursnya. Kena dampak dari kebijakan-kebijakan terutama kenaikan suku bunga di Amerika Serikat,” ucap Jokowi.
Presiden menyebut bahwa pemerintah tidak akan mengintervensi Bank Indonesia (BI). “Pemerintah tidak akan intervensi urusan moneter karena ini nanti kebijakannya ada di BI,” tandasnya. (Johara/b) sumber : poskotanews.com

TerPopuler